Minggu, 20 Agustus 2023

Lulus Tes Takhosus

 Hai Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Tak terasa waktu bergulir cepat sekali, masih teringat 1 tahun lalu di tahun 2022, ketika seorang kakak kelas memberikan informasi lulus takhosus, dan bertanya-tanya, apa itu takhosus, kenapa mundur di program takhsous, berapa biaya yang harus dikeluarkan, karena di dunia ini tidak ada yang gratis, ada perjuangan yang harus dibayar dengan materi, tenaga dan waktu.

program takhosus yang saya ketahui adalah program hafalan khusus 30 juz,  bagi anak yang mampu dan mau juga mumpuni dari segi biaya, dan berhasil lulus tes tahap demi tahap yang dilakukan oleh pihak sekolah, dan pikiranpun melayang menghantui berbagai kecamuk, namun sirna ketika apa yang kita impikan Allah memberi kemudahan.

Berikut adalah pengertian takhosus yang berhasil saya cari di media sosial, Takhassus berasal dari bahasa arab ﺎﺻوﺻﺧ yang memiliki makna mengkhususkan atau ﱠصﺗﺧا yang berarti khas atau tertentu, dan صﺻﺧﺗ yang penulis maksud ialah sesuatu yang dikhususkan atau difokuskan.

Namun apakah anak-anak akan terus menghafal? ya tentu tidak karena akan ada sesi ice breaking, sesi murojaah, sesi bermain, dll

Sama seperti halnya kegiatan di rumah, Awal Agustus kembali diadakan tes takhosus untuk level  5 SD, level 8 SMP, level 11 SMA, dari jauh hari sudah saya sounding albie bahwa akan ada tes takhosus, tesnya hafalan di beri waktu, nama surat dan jumlah setoran. 

Jika albie tidak suka keramain maka saya memberi pesan untuk menjauh sejenak dari barisan teman-temannya, entah bagaimana caranya saya memberikan pesan agar fokus dan menjalankan dengan baik setiap proses seleksi takhosus ini.

Hari pengumumanpun tiba dan Albie dinyatakan lulus, akan ada proses interview selanjutnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar